Minggu, 23 Maret 2014

: Intentions to Growth - Antonius Tanan


Salam entrepreneur UC Onliner..
Kami berharap UC Onliner menikmati inspirasi dari pak Ciputra, dari pak Dahlan, dari pak Sudhamek, dan juga dari pak Sandiaga Uno. Keempat orang itu sudah pernah membesarkan usaha lebih dari 100 kali dan membesarkan usaha merupakan keahlian yang sudah melekat dalam diri mereka karena sudah sering dilakukan. Saya ingin menyimpulkan bahwa mereka semua mengatakan bahwa untuk membesarkan usaha mulai dari diri sendiri. Mereka mengatakan mulai dari mindset kita. Mulai dari diri kita sendiri mempunyai kehendak yang kuat untuk membesarkan usaha. Pak Sandiaga mengatakan, “jangan berada dalam comfort zone”. Beliau juga mengatakan “Jangan jalan di tempat”. Pak Ci juga mengatakan hal yang serupa. Harus ada keinginan yang kuat dari dalam diri kita.
Pertanyaannya, bagaimana supaya kehendak untuk membesarkan usaha itu besar di dalam diri kita? Menggelora di dalam diri kita. Untuk menjawab pertanyaan ini, saya ingin berbagi kepada UC Onliner apa yang dikatakan oleh teori. Kenapa kita menggunakan teori? Tujuan daripada teori adalah untuk menjelaskan, untuk menolong kita untuk memahami sebuah fenomena sosial. Darimana dilahirkan teori? Teori dilahirkan dari sebuah kajian dan juga riset. Jadi, ketika kita menggunakan suatu teori, sebenarnya kita belajar dari kesalahan orang lain dan belajar dari kesuksesan orang lain. Jadi dengan kita mengambil suatu teori, kita mempercepat proses belajar kita. Namun, saya juga ingin tambahkan satu fenomena sosial dari berbagai sisi. Oleh karena itu teorinya mungkin tidak hanya satu. Sehingga setelah saya mencoba menjelaskan dari sisi sebuah teori, maka pak Nur Agustinus juga akan menjelaskan dari teori yang lain.
Teori yang akan saya jelaskan kepada UC Onliner bersal dari textbook ini. Judulnya Understanding The Entrepreneurial Mind. Nah, sekarang mari kita lihat gambar dari teori itu di sebelah saya. Di sini dikatakan bahwa Intention, saya menulis dalam bahasa Indonesia di sini sebagai kehendak. Itu adalah gabungan dari Desirability atau keinginan dan Feasibility atau kelayakan. Sejauh mana apa yang ingin kita lakukan layak atau tidak. Kalau kehendaknya ingin besar, harus ada gabungan dari kedua hal itu. Sehingga saya coba menggambarkan dalam dua buah lingkaran.
Ada lingkaran keinginan, ada lingkaran kelayakan atau kesanggupan. Yang di tengah itu kehendak. Jadi, kalau kehendaknya ingin kuat, alternatif pertama, Keinginannya dibesarkan. Pertanyaannya, bagaimana caranya? Saya memperbesar keinginan saya untuk memperbesar usaha, untuk meluaskan usaha. Usul kami, buka hidup kita terhadap inspirasi-inspirasi dari pada entrepreneur yang sudah berhasil. Baca riwayat hidup mereka. Lihat usaha mereka. Pelajarai pengalaman hidup mereka. Kelilingi dengan orang-orang yang menginspirasi Anda menjadi Entrepreneur. Perbesar keinginan adalah melalui inspirasi.
Yang kedua, bagaimana cara meningkatkan kesanggupan kita sehingga waktu kita melihat sesuatu, kita merasa ini layak dilakukan. Ada dua hal menurut pendapat kami. Yang pertama, perbesar informasi kita. Informasi apa? Informasi tentang hal yang ingin Anda lakukan. Kalau Anda ingin melakukan usaha tentang kuliner, Anda harus paham banyak tentang kuliner. Harus bisa membedakan makanan yang enak denga yang tidak enak. Makanan yang dicari orang dengan yang tidak dicari orang. Dan kedua, Anda juga harus tahu informasi tentang industrinya. Berapa besar marketnya. Orang kelompok ini suka makanan apa. Kenapa mereka suka ini. Kenapa mereka berani membayar dengan harga mahal. Di daerah yang lain mungkin makanan yang lain. Berapa besar pasarnya. Berapa banyak bertumbuhnya. Dalam satu tahun bertumbuh berapa persen. Kenali industrinya,bukan sekedar kenali subjeknya. Itu yang pertama tentang informasi. Dan yang kedua, kenali ilmunya. Khususnya ilmu entrepreneurshipnya. Bagaimana Anda mengentrepreneurkan bidang ini. Pelajari itu. Dengan Anda hadir di tempat ini, di UC Online, Anda sedang memperbesar bagian kelayakan atau kesanggupannya.
UC Onliner, itulah yang bisa saya simpulkan tentang apa yang bisa kita tingkatkan sehingga kehendak kita sehingga mindset kita untuk melakukan sebuah usaha Entrepreneur dan memperbesarnya itu menjadi milik kita. Salam entrepreneur. Selamat berjuang. Semoga usaha Anda terus berkembang menjadi makin besar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar